mas template
Home » » Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok

Written By Unknown on Saturday 21 March 2015 | 07:37



Rokok merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab kematian utama di dunia. Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jam kurang lebih 45 orang meninggal dunia karena penyakit yang di picu oleh rokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan sedikitnya 30 jenis penyakit pada manusia yang paling parah adalah kanker. Kerusakan akibat rokok juga tidak datang tiba-tiba. proses berjalan panjang, perlahan tapi pasti. Satu persatu organ tubuh dirusak mulai dari pembuluh darah, paru-paru, jantung dan berbagai organ lain yang langsung terpapar nikotin dan karbon dari asap rokok. Saat muda anda boleh merasa baik-baik saja ketika merokok, tapi apa anda akan selalu hidup muda? semakin usia bertambah, ibarat mesin motor, semuanya mengalami ke-Ausan yang menyebabkan kerusakan-kerusakan diberbagai parts bagian motor (tubuh tersebut).Semakin muda seseorang merokok, makan semakin banyak juga penyakit yang di derita saat tua. Berhenti merokok bagi anda yang seorang perokok aktif adalah satu satunya jalan agar anda dapat menikmati hidup hingga tua, namun berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, berikut ada beberapa kiat yang dapat anda lakukan, agar anda dapat berhenti merokok.


1. Niatkan untuk berhenti merokok.
 Bagi seseorang yang sudah lama menjadi perokok aktif atau kecanduan, berhenti merokok akan menjadi hal yang paling sulit. Tapi bukan berarti seorang pecandu rokok akan sulit untuk berhenti merokok, langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin berhenti merokok yaitu menguatkan niatdan tekad anda untuk berhenti merokok.


2. Mulai untuk berhenti sedikit demi sedikit
 Setelah anda berniat untuk berhenti merokok, mulailah dengan mengurangi konsumsi rokok yang anda konsumsi. Misalnya, jika sehabis makan biasanya anda mengkonsumsi hingga 5 batang, berarti untuk 3x makan anda akan menghabiskan 15 batang dalam sehari, cobalah untuk mengurangi menjadi 1 batang setiap sehabis makan, kemudian carilah makanan atau minuman yang dapat mengalihkan anda dari rokok.

3. Hindari hal hal yang dapat memicu anda merokok.
 Hal ini juga perlu di perhatikan, hal hal yang dapat memicu anda ingin merokok seperti saat anda terserang stress, sedang minum kopi, begadang atau berdebat dan jam tidur yang tidak teratur. Hindari dan kurangi hal hal tersebut agar anda tidak terpacu untuk merokok.

4. Mencari Kesibukan
 Mulailah mencari kesibukan dengan aktifitas untuk dilakukan, karna kesibukan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengalihkan anda dari rasa ingin merokok. Carilah kegiatan yang dapat anda lakukan misalnya berolahraga, berenang, dan lainnya. Dengan begitu, rasa ingin merokok anda dapat teralihkan.

5. Minum air mineral.
 Biasakan untuk meminum air mineral saat anda mulai merasa ingin merokok. Kebiasaan minum air putih juga lebih sehat untuk kesehatan tubuh anda.

6. Perbanyak istirahat atau tidur
 Menjalani niat untuk berhenti merokok akan terasa melelahkan karna tubuh anda akan terasa sedikit lemas, cobalah untuk menambah jam istirahat dan tidur anda.

7. Hindari tempat-tempat yang memungkinkan anda menghirup asap rokok.
 Biasakan untuk ke tempat yang terhindar dari asap rokok. Jika ada yang mengajak anda keluar, mintalah untuk pergi ketempat yang bebas area merokok.


Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok anda. Mulailah menjaga kesehatan, dan belajar untuk hidup lebih sehat.

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.
Advertisement