mas template

Diabetes

Written By Unknown on Saturday 21 March 2015 | 07:02


Diabetes (Atau Diabetes Mellitus / DM) Dikenal sebagai ketidakteraturan metabolisme dimana tubuh tidak bisa menyimpan, mengatur, dan menggunakan Glukosa yang terjebak didalam darah sebagai bahan bakar untuk energi dalam tubuh
Salah satu bahan bakar untuk kebutuhan dalam tubuh adalah glukosa. Glukosa dihasilkan dari beberapa makanan tertentu seperti roti, nasi, kentang, serta beberapa jenis buah dan sayuran.  Hati dan beberapa otot didalam tubuh juga menghasilkan glukosa. Pada umumnya, darah mengtransfer glukosa ke seluruh sel-sel dalam tubuh untuk diolah sebagai energi.
Untuk memanfaatkan glukosa, tubuh kita membutuhkan insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar didalam tubuh yang dikenal sebagai pankreas, organ ini terletak disekitar belakang perut. Insulin mengatur glukosa darah dengan melepaskan glukosa dari darah, lalu dibawa ke otot, hati, dan sel-sel lemak dimana glukosa akan disimpan dan diproses untuk menghasilkan energi.
Dalam gejala diabetes, tubuh gagal/tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup atau insulin tidak bekerja dengan seharusnya. Karena itu beberapa glukosa tertinggal dan menetap di dalam darah dan tidak dapat mencapai sel-sel khusus yang seharusnya di suplai oleh glukosa. Akibatnya, level/tingkatan/kuantitas glukosa di dalam darah menjadi terlalu tinggi (hal ini biasa disebut hyperglycemia) dan dapat meyebabkan diabetes atau prediabetes. Prediabetes terjadi ketika level glukosa didalam darah lebih tinggi dari yang seharusnya tapi belum cukup untuk diagnosa / belum cukup parah untuk disebut sebagai diabetes
Dalam kurun waktu, level glukosa yang berlebihan di dalam darah akan menyebabkan masalah-masalah kesehatan.

Terdapat dua penyebab utama dari masalah metabolisme /diabetes :
1. Tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup / tidak menghasilkan insulin sama sekali. Hal ini disebut diabetes tipe 1, atau insulin-dependent diabetes (IDDM).

2. Tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin yang telah dihasilkan. Hal ini disebut sebagai diabetes tipe 2, atau non-insulin dependent diabetes (NIDDM).














Apakah maksud atau bedanya diabetes tipe 1 dan tipe 2?

Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kedua jenis diabetes ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, seperti perbedaan dari penyebab, gejala-gejala, karakteristik, pengelolaan, serta berhubungan dengan siapa yang terkena efeknya dan apa yang terjadi didalam tubuh dikarenakan penyakit ini.

Tanda-tanda Diabetes tipe 1:
·         Sering merasa kehausan yang berlebihan
·         Sering merasa kelaparan yang berlebihan
·         Penurunan berat badan yang cepat dan  signifikan
·         Sering buang air kecil
·         Perasaan lemah dan kelelahan yang berlebihan
·         Perasaan mual, sering muntah
           Irritabilitas (cepat emosi)

Tanda-tanda Diabetes tipe 2:
·         Sering merasa Kehausan yang berlebihan
·         Sering merasa Kelaparan yang berlebihan
·         Penurunan berat badan yang cepat dan signifikan
·         Sering buang air kecil
·         Perasaan lemah dan kelelahan yang berlebihan
·         Persaan mual, sering muntah
·         Irritabilitas (cepat emosi)
·         Pandangan kabur
·         Infeksi pada kulit
·         Gatal-gatal dan kekeringan pada kulit
·         Luka yang sembuh dengan kurun waktu agak lama
           Perasaan kebas di kaki

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.
               
Advertisement