mas template
Home » » Waktu yang diperlukan untuk olahraga yang ideal

Waktu yang diperlukan untuk olahraga yang ideal

Written By Unknown on Monday 30 March 2015 | 06:05


Banyak orang beranggapan bahwa olahraga yang ideal adalah setiap hari. Ini sah-sah saja karena olahraga tiap hari mampu untuk meningkatkan stamina.
Tetapi, studi terbaru menyebutkan bahwa olahraga idela adalah selama 150 menit per minggu. Jadi, anda bisa melakukannya selama 3 atau 4 hari saja dalam seminggu. Berapa frekuensi olahraga yang ideal?
Sebenarnya frekuensi olahraga yang ideal tergantung dari kondisi fisik dan tujuan orang berolahraga. Orang dengan berat badan berlebih dan orang yang berolahraga untuk latihan menghadapi lomba akan memerlukan frekuensi yang berbeda.



Untuk anda dengan tujuan dan fisik yang berbeda, inilah frekuensi olahraga yang ideal:

1. 3-4 kali seminggu setiap 35 menit
Latihan ini cocok untuk mereka yang kegemukan. Orang yang kegemukan akan mudah cepat lelah karena kondisi fisik mereka yang tidak begitu fit.
Dengan freksuensi ini, orang dengan kelebihan berat badan mampu membakar kalori sekaligus memenuhi frekuensi ideal olahraga.
Frekuensi ideal selama 150 menit seminggu telah terbukti lebih efektif dari frekuensi yang melebihih 150 menit. Resiko cedera pun dapat dihindari dengan tidak berolahraga setiap hari.

2. 20 menit setiap hari
Frekuensi ini cocok untuk mereka yang ingin latihan sebelum menghadapi lomba. Anda bisa lari pagi atau jogging waktu sore hari setiap 20 menit setiap hari agar tubuh anda tetap fit dan stamina tetap terjaga sebelum lomba lari.
Dengan begitu, otot anda tidak tegang dan siap memberikan permainan terbaik dalam perlombaan.

3. 40 menit setiap 3 kali seminggu
Frekuensi ini cocok untuk anda yang ingin menjaga stamina dan membentuk otot. Anda bisa melakukan olahraga angkat beban, lari di treadmill ataupun senam selama 40 menit selama 3 kali dalam seminggu.
Jika anda merasa terlalu berat dengan jenis olahraga ini, anda bisa melakukan yoga. Selain tidak membutuhkan kerja otot yang berat, yoga mampu meredakan stres dan mengontrol pernafasan anda.
Kebutuhan setiap orang untuk berolahraga berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan olahraga yang anda inginkan.

Berapa frekuensi olahraga yang ideal? Lihat kemampuan fisik anda dan pilih frekuensi yang idel untuk anda

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya menerima segala kritik yang membangun. Sekian artikel dari saya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.
Advertisement