mas template
Home » » Tips menjaga kesehatan telinga

Tips menjaga kesehatan telinga

Written By Unknown on Monday 27 April 2015 | 11:24

Telinga adalah bagian tubuh yang penting sekali karena telinga adalah salah satu dari lima panca indera, dari semua kegiatan kita tidak pernah terlepas dari telinga, maka tidak heran jika cara menjaga kesehatan telinga sangatlah penting untuk di ketahui

Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan pendengaran sehari-hari.
1. Gunakan penyumbat telinga
Semakin bising suara yang menerpa telinga, maka semakin besar kemungkinan suara itu akan merusak pendengaran Anda. Lindungi telinga menggunakan penyumbat atau penutup telinga. Segera menjauh dari penyebab kebisingan.
2. Memilih alat terbaik
Jika ingin menggunakan earphone atau headphone, maka pilihlah yang memiliki teknologi 'noise cancelling'. Jangan pilih earphone dengan penutup karena ini menyebabkan Anda ingin meningkatkan volume.
3. Biarkan telinga beristirahat
Jangan terus-terusan memakai earphone dna mendengarkan musik melalui iPod atau pemutar MP3 dalam waktu yang lama. Gunakan hanya ketika Anda butuhkan saja.
4. Kecilkan volume MP3
Jangan dengarkan musik dalam volume yang tinggi. Jangan sampai suara yang dikeluarkan oleh earphone terdengar keluar.
5. Membersihkan telinga
Jangan gunakan cotton bud saat membersihkan telinga. Sebaiknya, teteskan minyak zaitun ke telinga setiap minggu sekali untuk membantu cairan lengket di telinga keluar secara alami.
6. Mengganti earphone
Segera ganti earphone ketika milik Anda sudah terlihat sedikit rusak. Jangan tunggu sampai benar-benar tidak berfungsi. Karena Anda tak tahu jika kerusakan tersebut bisa berdampak pada kesehatan telinga Anda.
7. Jangan tunda
Ketika Anda mulai merasakan ada yang tidak beres dengan kemampuan pendengaran Anda, segera periksakan ke dokter. Jangan menunggu hingga parah atay menunda-nunda. Lebih cepat diketahui, maka kelainan akan lebih cepat dirawat dan disembuhkan.


Advertisement